Kamis, 14 Agustus 2014

SOASIALISASI MINGGU MISI 2014




1.       Latar belakang
Evanggelisasi berasal dari kata eu-anggelion yang berarti kabar baik. Kabar baik yang dimaksud adalah Allah menjelma dalam diri Yesus Kristus untuk keselamatan seluruh dunia. Yesus Kristus diutus untuk menyampaikan kabar baik dalam rangka penggenapan janji Allah menyelamatkan manusia yang dinubuatkan oleh para Nabi. Dalam arti sempit, evanggelisasi adalah pewartaan yang bertujuan menumbuhkan iman, dengan kata lain pewartaan kabar baik kepada segenap umat manusia. Sedangkan dalam arti luas, evanggelisasi adalah membawa kabar baik ke dalam seluruh lapisan umat manusia, dan melalui pengaruhnya mengubah umat manusia serta membaharuinya (EN 18). Maka dapat disimpulkan, evanggelisasi berarti segala usaha mewartakan kabar baik ke seluruh lapisan umat manusia.
Gereja Katolik bagaikan raksasa penginjil  yang masih tertidur (George Gallup, 1978). Gereja katolik kaya akan Tradisi, struktur yang kuat serta jumlah umat yang sangat banyak, tetapilemah dalam penginjilan. BAPA Paus sadar akan situasi pewartaan Gereja yang masih membutuhkan adanya pembaharuan. Mengatasi situasi yang demikian, bapa Paus Paulus VI menghimbau adanya sebuah gerakan evanggelisasi baru, yakni baru secara metode, ungkapan dan semangat namun tetap sama dalam isi, yaitu kabar baik Yesus Kristus.
Bermisi adalah kegiatan pewartaan yang dilaksanakan berdasarkan amanat agung Yesus Kristus  Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman" (Mat 28:19-20). Sebagai umat beriman yang telah dibaptis, sudah sepantasnya kita ikut ambil bagian dalam karya pewartaan. Mewartaan kabar gembira bukan hanya tugas kaum klerus, melainkan semua orang yang beriman kepada Yesus Kristus.      
Melalui komisi-komisi, Keuskupan Agung Medan mengupayakan berbagai macam cara untuk meningkatkan semangat umat Katolik mewartaan kabar baik. Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP)  merupakan salah satu program dari Komisi evagelisasi KAM untuk meningkatkan semangat umat dalam melayani dan membagikan iman semua orang tanpa memandang perbedaan.
Pada bulan Oktober setiap tahunnya, umat Katolik merayakan minggu misi sedunia Perayaan minggu misi ini hendak mengajak seluruh umat beriman untuk memperbaharui semangat pewartaan agar menjadi lebih hidup dan berkembang. Perayaan ini memberikan kesempatan pada umat beriman baik secara universal, partikular maupun lokal untuk bangkit dan bergerak menjadi pewarta injil dimanapun mereka hidup dan berkarya.
Minggu Misi 2014, akan dirayakan pada dua tempat, wilayah medan sekitarnya akan dilaksanakan di Stasi St. Paskalis Diski Paroki Binjai pada tanggal  19 Oktober 2014 dan untuk diluar medan akan dilaksanakan di paroki St. Mikael Pangururan pada tanggal 06 September 2014.

2.       Tujuan
Perayaan minggu misi yang dirayakan setiap tahun bertujuan untuk mengajak umat untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan karya misi secara lokal, partikular dan universal. seluruh umat diajak ikut berpartisipasi dalam karya misi melalui doa, Kurban dan Derma. Perayaan minggu misi juga ditujukan untuk penggalangan dana yang akan digunakan membantu dana misi Gereja Katolik lokal, partikular dan universal.
Evangelisasi sering dianggap tugas seorang ahli, yaitu para Uskup, Imam, suster dan pemimpin awam. Umat Katolik merasa dirinya tidak mampu melaksanakan tanggungjawab dalam bidang penginjilan. Tetapi Paus Paulus VI dalam surat “Evangeli Nutiandi” menegaskan lagi peran awam sangat besar dalam penginjilan. Para awam dipanggil secara khusus ke tengah-tengah dunia untuk ikut mewartakan Kabar Gembira.
Dana yang terkumpul akan digunakan untuk pembinaan awam dalam penginjilan. Dengan begitu, awam semakin handal dan berani dalam mewartakan kabar gembira. Dengan demikian Kerajaan Allah semakin dimuliakan “Ia harus semakin besar dan aku makin kecil” (Yoh 3:30).
Allah membutuhkan kita untuk menjadi perpanjangan tangan-Nya dalam membangun Kerajaan Allah di muka bumi. Oleh karena itu, semoga dengan perayaan minggu misi ini, kita mampu bangkit dan bergerak, berani memberikan diri demi pewartaan dan perkembangan Kerajaan Allah kapan, dimana dan kepada siapa saja. (Komisi Evangelisasi KAM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar